Akademik

Peraturan Jurnal Mahasiswa FIB dan Website Jurnal Baru
27 Agustus 2017 21:40:28

PENGUMUMAN

Nomor: 389/UN17.14/PB/2017

  

Menindaklajuti Peraturan Rektor Universitas Mulawarman Nomor 08 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Universitas Mulawarman, maka dihimbau kepada seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman yang akan melaksanakan prosesi Yudisium maupun Wisuda diwajibkan memenuhi ketentuan yang termuat pada Peraturan Akademik Universitas Mulawarman Pasal 49, yaitu membuat minimal satu artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang ber-ISSN.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya diharapkan memublikasikan artikel ilmiah (bersumber dari skripsi) yang telah mendapatkan rekomendasi dari Pembimbing Utama dan Pendamping, serta diketahui Koordinator Program Studi. Berkas publikasi wajib mengikuti ketentuan yang diberikan oleh Tim Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Ketentuan publikasi ilmiah mahasiswa tertuang dalam Aturan Publikasi Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman yang tidak terpisahkan dari pengumuman ini.

Mahasiswa akan mendapatkan Surat Keterangan Publikasi Ilmiah setelah mengumpulkan berkas publikasi ilmiah dan dianggap layak diterbitkan oleh Tim Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman yang dapat digunakan untuk mendaftar yudisium dan mengambil transkrip nilai akademik di Bagian Akademik Fakultas Ilmu Budaya.

Demikian pengumuman ini disampaikan, untuk dijadikan perhatian.

 

Samarinda, 12 Juli 2017
Ketua,

ttd

Dr. H. Mursalim, M.Hum.
NIP 19540717 198803 1 001

 

Silakan unduh pengumuman asli klik di sini


 

ATURAN PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA 
FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS MULAWARMAN

Nomor: 389/UN17.14/PB/2017

 

A.     PENGERTIAN

1.      Aturan publikasi ilmiah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman ini merupakan aturan perbaikan dari SOP lama nomor 138/UN17.14/DT/2017.

2.      Publikasi Ilmiah Mahasiswa merupakan publikasi ilmiah yang bersumber dari seluruh atau sebagian dari hasil penelitian tugas akhir (skripsi) mahasiswa yang ditulis dalam format jurnal ilmiah dan dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah elektronik ber-ISSN dan dikelola oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman.

3.      Publikasi ilmiah mahasiswa diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah elektronik ber-ISSN sebanyak empat kali, yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober setiap tahunnya.

 

B.      TUJUAN

Memublikasikan hasil penelitian mahasiswa yang bersumber dari skripsi sehingga dapat dibaca dan diakses secara luas oleh masyarakat.

 

C.     PROSEDUR

1.      Setiap mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang akan menyelesaikan pendidikan di Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Budaya, wajib memublikasikan hasil penelitiannya (bersumber dari skripsi) dalam bentuk jurnal ilmiah.

2.      Publikasi hasil penelitian dilakukan dalam bentuk jurnal elektronik ber-ISSN yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman melalui Tim Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman.

3.      Setiap mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang akan mengajukan permohonan yudisium wajib menunjukkan draf publikasi hasil penelitiannya yang telah disetujui dan akan diterbitkan oleh Tim Jurnal Mahasiswa FIB dengan menunjukkan Surat Keterangan Publikasi Ilmiah asli yang telah ditandatangani oleh Tim Jurnal Ilmiah FIB.

4.      Pengajuan penerbitan publikasi ilmiah mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, yaitu dengan mengajukan draf naskah publikasi melalui laman jurnal ilmiah mahasiswa yang disertai dengan permohonan tertulis oleh mahasiswa dan rekomendasi dari Dosen Pembimbing Skripsi diketahui oleh Koordinator Program Studi.

5.      Tim Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB akan menerbitkan Surat Keterangan Publikasi Ilmiah apabila draf naskah publikasi ilmiah telah memenuhi kriteria jurnal ilmiah yang ditetapkan. Surat keterangan tersebut digunakan sebagai syarat yudisium tingkat fakultas serta pengambilan Transkrip Nilai Akademik.  

6.      Format dan sistematika naskah publikasi ilmiah yang diajukan mengikuti format dan sistematika jurnal ilmiah yang ditetapkan Tim Jurnal Fakultas Ilmu Budaya.

7.      Mahasiswa wajib memperbaiki naskah apabila belum memenuhi kriteria format dan sistematika penulisan jurnal ilmiah yang ditetapkan Tim Jurnal Ilmiah FIB.

8.      Setiap mahasiswa yang akan mengambil transkrip nilai dari Fakultas wajib memperlihatkan bukti publikasi hasil penelitian dalam bentuk screenshot jurnal elektronik yang telah disahkan oleh Tim Jurnal Ilmiah FIB (asli).

 

D.     FORMAT DAN SISTEMATIKA NASKAH PUBLIKASI ILMIAH

1.      Naskah diketik dalam format Microsoft Word 2007, jenis huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1 pada kertas ukuran A4, ruang sisi tepi kanan, kiri, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Jumlah halaman maksimum 15 halaman termasuk daftar pustaka dan tabel.

2.      Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia (untuk program studi Sastra Indonesia dan Etnomusikologi) atau bahasa Inggris (untuk program studi Sastra Inggris) dengan mengikuti format yang ditentukan.

3.      Abstrak wajib ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dengan panjang maksimal 250 kata. Jika artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, maka abstrak berbahasa Indonesia ditulis terlebih dulu diikuti abstrak berbahasa Inggris, demikian juga sebaliknya. Abstrak harus berisi ringkasan artikel yang berisi latar belakang, tujuan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, serta tidak diperbolehkan menggunakan singkatan dalam abstrak. Abstrak diikuti dengan kata kunci dengan jumlah 2―5 kata/frasa. Judul abstak ditulis kapital dan cetak tebal, serta diletakkan rata tengah. Abstrak dan kata kunci yang ditulis dalam bahasa berbeda harus dicetak miring.

4.      Judul artikel (10―15 kata) ditulis dengan huruf kapital, cetak tebal, dengan huruf Times New Roman ukuran 14pt, dan rata tengah.

5.      Identitas Penulis:

a.       nama penulis ditulis lengkap (tidak disingkat), diikuti nama pembimbing utama dan pembimbing pendamping (tanpa gelar).

b.      di bagian bawah nama dituliskan asal program studi dan di bagian bawahnya dituliskan alamat surat elektronik penulis artikel (tanpa link).

6.      Pendahuluan berisi latar belakang, masalah, tujuan, dan manfaat penelitian.

7.      Kerangka teori berisi landasan teori dan kajian pustaka yang relevan dengan penelitian.

8.      Metode penelitian berisi metode yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan dan hendaknya diuraikan secara singkat dan jelas.

9.      Hasil dan pembahasan disajikan dengan menjelaskan hasil penelitian sesuai dengan permasalahan yang diangkat.

10.   Penutup hanya berisi simpulan.

11.   Daftar pustaka ditulis secara alfabetis dan urut dengan mengikuti tata cara penulisan artikel ilmiah yang berisi daftar referensi yang digunakan dalam penulisan artikel. Daftar pustaka mengikuti kaidah penulisan yang ditetapkan pada masing-masing program studi.

12.   Judul subbab/anak subbab dicetak tebal, dengan jarak 1,5 spasi dari baris sebelum dan sesudahnya (termasuk judul daftar pustaka).

13.   Tidak diperkenankan menggunakan catatan kaki.

14.   Wajib memperhatikan keindahan tata letak/tipografi naskah publikasi ilmiah.

 

E.     ALUR

Silakan lihat alur pengurusan jurnal di sini


Untuk mahasiswa yang akan memasukkan naskah ke Jurnal Ilmu Budaya silakan registrasi di Website Jurnal Ilmu Budaya (http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB) dan masuk di menu registrasi author (klik di sini)

Registrasi Author

1.      Masuk ke http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB

2.      Pilih REGISTER USER

3.      Isikan data secara lengkap, khususnya pada kolom bertanda bintang. Gunakan email aktif.

4.      Beri tanda centang pada kolom Confirmation

5.      Beri tanda centang pada kolom Author dan Reader (di bagian bawah formulir)

6.      Klik REGISTER

 

Login dan Upload Naskah

1.      Masuk ke http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB

2.      Pilih LOGIN

3.      Masukan USER NAME dan PASSWORD

4.      Di halaman User Home pilih NEW SUBMISSION

5.      Pada Step 1: berikan tanda centang pada semua pilihan Submission Checklist; lalu klik Save and Continue

6.      Pada Step 2: Pilih Choose File lalu masukkan file artikel (hanya menerima file word doc atau docx, dan tidak menggunakan PDF); lalu klik Upload; dan klik Save and Continue

7.      Step 3: Isikan data diri secara lengkap termasuk title dan abstract artikel; klik Save and Continue

8.      Step 4: lewati dan langsung klik Save and Continue

9.      Step 5: klik Finnish Submission

10.  Klik ACTIVE SUBMISSIONS

 

>> Setelah upload jurnal, silakan tunggu konfirmasi yang dikirim ke email maksimal 7 hari kerja sejak tanggal upload naskah. Proses selanjutnya dapat dilihat pada email konfirmasi.


Informasi terkait publikasi ilmiah mahasiswa silakan akses laman http://ejournal-fibunmul.com/index.php/ilmubudaya

atau

melalui kontak 085385388335 (Alfian Rokhmansyah, M.Hum)