Program Studi

Program Studi Sarjana Etnomusikologi
10 Juni 2017 20:18:37

Ketua Program : Alfian Rokhmansyah, M.Hum.

Nama program studi : Etnomusikologi S1
Kode program studi : 91201
Tanggal berdiri : 4 Mei 2015
SK penyelenggaraan : 329/M/Kp/V/2015

Status akreditasi : TERAKREDITASI BAN-PT
sertifikat dapat diunduh pada tautan ini

 

Visi Prodi Etnomusikologi

Program Studi Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman dalam sepuluh tahun ke depan dapat menjadi lembaga pendidikan dan penelitian yang bertaraf lokal dan nasional dalam bidang kajian kebudayaan, musik tradisional/etnik dan kearifan lokal, khususnya dalam wilayah Kalimantan Timur.

 

Misi Prodi Etnomusikologi

1.     Menyelenggarakan pendidikan etnomusikologi yang berkualitas dan mampu bersaing secara lokal maupun nasional.

2.     Mengembangkan penelitian dalam bidang etnomusikologi yang mendorong kemajuan pendidikan, ilmu pengetahuan, dan seni yang bermakna untuk kepentingan manusia dan lingkungan.

3.     Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, berwawasan seni budaya untuk menyelesaikan masalah-masalah seni dalam masyarakat dan lingkungan.

4.     Menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan lembaga lainnya baik di dalam  maupun luar negeri dalam bidang seni budaya untuk mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan lingkungan.

5.     Membentuk lulusan yang disebut etnomusikolog yang berwawasan dan berkompetensi etnomusikologis, berkarakter, beretika, inovatif, jujur, berjiwa kepemimpinan, dan peduli terhadap masalah-masalah budaya, musik etnik dan masyarakat dalam konsep lokal dan nasional.

Tujuan Prodi Etnomusikologi

 

1.     Menghasilkan Sarjana Etnomusikologi yang berkepribadian dan berbudi pekerti; yang tanggap terhadap perubahan sosial, budaya, dan kebutuhan masyarakat, yang menguasai ilmu dan metodologi tertentu; yang memiliki kemampuan bimusikalitas, traskripsi, dokumentasi, penelitian lapangan; serta yang mampu menyusun karya-karya etnomusikologis dalam bentuk tulisan ilmiah, tulisan populer, notasi music, dan multimedia.

2.     Menghasilkan karya-karya penelitian etnomusikologis ‘musik etnik Kalimantan Timur”, baik dalam bentuk tulisan (buku, laporan penelitian, karya ilmiah dan populer, maupun dalam bentuk documenter audio atau audio-visual yang akan menjadi isi penting dari pusat sumber kajian dan informasi music etnik Kalimantan Timur.

3.     Mendiseminasikan karya-karya penelitian etnomusikologis “musik etnik Kalimantan Timur” baik melalui pelayanan dan atau hubungan langsung dengan perorangan atau kelompok masyarakat, maupun melalui media internet.

4.     Menggiatkan usaha-usaha untuk menciptakan kondisi musik etnik Kalimantan Timur yang kondusif melalui kegiatan festival, dialog, pelatihan, seminar, workshop, penyiaran dan penerbitan.

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi (profil) lulusan Program Studi Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman (UNMUL), mengacu kepada definisi etnomusikologi yaitu studi musik dalam konteks kebudayaan umat manusia di seluruh dunia. Lulusannya disebut etnomusikolog (bahasa Indonesia) atau ethnomusicologist (bahasa Inggris).

Setelah menyelesaikan studi di Program Studi Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman (UNMUL), maka lulusan ini akan menjadi:

1.     Pengkaji seni khususnya musik dalam kebudayaan, yang bisa berprofesi sebagai ilmuwan seni budaya, peneliti (muda) lapangan budaya masyarakat,  konsultan seni musik dan tari, tenaga ahli  museum, tenaga ahli korps musik TNI, tenaga ahli Departemen Budaya dan Pariwisata, tenaga ahli Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dan lain-lainnya.

2.     Pengelola seni yang bekerja sebagai event organizer, pengelola industri seni budaya, pengusaha di bidang seni, pengelola usaha pariwisata dan budaya, dan lain-lainnya.

3.     Pencipta seni, sebagai komponis, koreografer, penggubah lagu, penulis lirik lagu, pencipta tari,  dan juga sebagai praktisi seni , dan lain-lain.

Profil lainnya: Sarjana etnomusikologi FIB UNMUL juga bisa memiliki profil tambahan yaitu sebagai pendidik seni, sebagai guru seni (musik dan tari) di peringkat sekolah dasar, menegah, dan atas.