Berita

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)
14 September 2017 21:20:55

PKKMB Fakultas Ajak Maba Lebih Dekat dengan Lingkungan Kampus

 

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas dan sebagai bagian dari civitas akademika memandang bahwasanya perlu untuk mengadakan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru (maba). Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) serta Percepatan Adaptasi dan Gerakan Orientasi Ilmu Budaya (PAGODA) bertujuan untuk mengenalkan lingkungan akademik dan sosialisasi organisasi kampus kepada maba.

Penggantian nama Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB) menjadi Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) menjadi terobosan baru dan diharapkan membawa dampak yang baik bagi mahasiswa-mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya. Mengangkat tema “PUISI” yang mengandung akronim dari “Prestatif, Unggul, KrItis, dan Inspiratif”, diharapkan selepas mengikuti kegiatan ini maba bisa menjadi pribadi yang prestatif, unggul, krItis,dan Inspiratif.

Sebanyak 184 maba yang aktif mengikuti kegiatan PKKMB dan PAGODA yang dilaksanakan selama dua hari (29-30/08). Hari pertama PKKMB bertempat di gedung Ikatan Keluarga Alumni (IKA). Dihadiri langsung oleh Dekan FIB Dr. H. Mursalim, M.Hum, Wakil Dekan Bidang Umum Drs. H. M. Natsir, M.Pd, dan Wakil Dekan bidang akademik Satyawati Surya, M.Pd.

Selepas sambutan-sambutan dari dekan dan wakil dekan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dosen-Dosen FIB. Materi pertama disampaikan oleh Chris Ashanti, M.Pd yang membahas mengenai General Education. Materi kedua disampaikan oleh Irma Surayya Hanum, M.Pd, yang membahas Pengenalan Nilai Budaya, Tata Krama dan Etika Keilmuan.

Selanjutnya materi Persiapan Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi oleh Alfian Rohkmansyah, M.Hum, penyampaian materi keempat oleh Tauhid Hira, M.Hum mengenai Motivasi atau dan atau Kiat Sukses Belajar dan Berprestasi dan Prospek Peluang Kerja Lulusan Perguruan Tinggi. Dan materi terakhir Kegiatan yang Bertemakan Green Living Movement di Kampus disampaikan oleh Dahri Dahlan, M.Hum.

PKKMB juga menyajikan talkshow bertemakan “Mahasiswa Organisatoris dan Berintegritas Budaya” yang dibawakan oleh mantan Presiden BEM KM Unmul tahun 2014 dan CEO Klinik Jalanan Haerdy Pratama Wijaya dan Ketua Keluarga Mahasiswa Muslim (KMM) Al-Farra tahun 2011-2013 Ade Ismail Ramadhan.

Hari kedua dilanjutkan dengan agenda PAGODA yang bertempat di halaman belakang FIB. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini PAGODA menghadirkan agenda baru seperti Tour Campus dan teknik pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berbeda. Jika tahun lalu pengenalan UKM dengan presentasi, tahun ini UKM berkempatan membuka posko di halaman belakang kampus.