Informasi

Kuliah Kerja Nyata 2013
27 Februari 2014 11:04:01

Samarinda - Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Rapat Panitia KKN Universitas Mulawarman Angkatan XXXIX tahun 2013 yang dihadiri Ketua LPPM, pejabat, dan seluruh staff memutuskan kegiatan KKN yang dikelola oleh Lembaga Pengabdian kepada masyarakat (LPPM) tahun ini tanpa dipungut biaya alias GRATIS. Namun ketua LPPM yang sekaligus Ketua Panitia, Prof.Dr.Susilo, berperan untuk tetap manjaga kualitas pelayanan kepada mahasiswa. Apabila KKN tahun ini mengalami beberapa perubahan mendasar dibandingkan dengan pelaksanaan KKN tahun lalu.

Jenis KKN

LPPM tahun ini hanya akan mengelola 2 jenis KKN, yaitu KKN kerjasama Pemda dan KKN Desa Binaan. Kedua jenis KKN ini dulunya dikenal dengan istilah KKN reguler. Sejak tahun 2012, LPPM tidak lagi mengelola KKN alternatif (Tematik, Profesi, dan Kompetensi) karena jenis KKN ini dikelola oleh Fakultas masing - masing.

KKN kerjasama Pemda adalah KKN yang dilaksanakan melalui kerjasama dengan Pemda di 14 Kabupaten/ Kota se- Kal-Tim. Bentuk kerjasama yang dibangun antara lain dengan penentuan lokasi desan KKN, Pembinaan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) setempat, bantuan biaya transportasi pulang pergi ke lokasi KKN, dan membantu menyiapkan posko KKN.

Namun KKN kerjasama Pemda ini memiliki keterbatasan jumlah peserta karena daya tampung masing - masing Kabupaten/Kota. Berdasarkan hasil revalitasi KKN yang diselenggarakan LPPM Unmul berkerja sama dengan BPM-PD Provinsi Kal-Tim dan BPM-PD kabupaten Sangata, tahun 2013 kapasitas daya tampung KKN di 14 kabupaten adalah 2.233 mahasiswa tergabung dalam 269 kelompok yang akan ditempatkan di 62 kecamatan dengan 249 Desa.

Berdasarkan informasi data awal, peserta KKN tahun 2013 diperkirakan mancapai 4.000 mahasiswa yang terbagi dalam KKN yang diselenggarakan oleh fakultas masing - masing diperkirakan 1.500 mahasiswa, dan sisanya akan mengikuti KKN yang dikelola LPPM. Mengingat daya tampung KKN kerjasama pemda hanya 2.233 mahasiswa , maka seluruh sisanya akan ditampung di KKN desa binaan yang akan dilaksanakan di 6 kecamatan se-Kota Samarinda.

Perbedaan mendasar kedua jenis KKN ini adalah seluruh biaya kegiatan pada KKN Bina Desa ditanggung oleh peserta KKN termasuk membiayai Dosen Pembimbing Lapangan. Namun karena pelaksanaannya di Kota Samarinda, maka KKN ini tidak harus tinggal di Posko.

Syarat dan Layanan KKN

Berdasarkan BUku pedoman akademik yang dikeluarkan oleh universitas mulawarman, mahasiswa dapat mengikuti KKN dengan syarat :

1. Telah mengambil 110 SKS termasuk SKS yang diambil semester yang sedang berjalan

2. IPK minimal 2,00

3. Memprogramkan KKN pada Kartu Rencana Studi (KRS)

Dalam rangka meningkatkan layanan kepada mahasiwa, pemgelolaan KKN tahun 2013 menggunakan Sistem Informasi KKN berbasis Web meliputi pendaftaran, pemilihan lokasi, download berkas administrasi, dan informasi nilai KKN.