Jurnal

Analisis Novel “Sebelas Patriot” Karya Andrea Hirata Ditinjau dari Aspek Sosiologi Sastra
Presti Hairunnisa;Dr.H.Mursalim,M.Hum;Dr.Hamsyi Ghazali,M.Pd

Fakultas Ilmu Budaya


Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang sifatnya hanya memberikan gambaran atau memaparkan hasil penelitian secara objektif atau secara apa adanya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan novel “Sebelas Patriot” karya Andrea Hirata ditinjau dari aspek sosiologi sastra  dan mendeskripsikan hubungan sosial karya dengan masyarakat.

Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik baca, teknik simak dan teknik pencatatan. Teknik baca yang dilakukan adalah dengan membaca keseluruhan novel secara berulang-ulang guna mendapatkan hasil yang rinci. Teknik  simak merupakan tahapan lanjutan setelah teknik baca, teknik simak memerlukan pemahaman mengenai keseluruhan novel secara terperinci. Teknik pencatatan dilakukan untuk mendapatkan data yang relevan yang berhubungan dengan objek penelitian.

Hasil penelitian menunjukan bahwa cerita yang disajikan dalam novel “Sebelas Patriot” berhubungan dengan aspek sosiologi sastra yang terdiri dari : fakta sosial,  peristiwa sosial, perilaku sosial dan sejarah sosial. Terdapat juga hubungan sosial karya dengan masyarakat yang terdiri dari karya sastra refleksi dari keadaan sosial masyarakat, sastra merupakan sinkronik dan diakronik zamannya, dan sastra sebagai manifestasi keadaan sosial budaya.

Kata Kunci : Analisis Novel, Aspek Sosiologi Sastra

 

Publikasi : Fakultas Ilmu Budaya(2016)(03)

Kontak :

Naskah Lengkap : Lisensi Terbuka (Format PDF)
Diakses : 259 Kali