Jurnal

Analisis Fenomenologi Novel Gampiran Karya Inni Indarpuri.
Tiurma Lusyana Hutahaean;Dr.Hj.Widyatmike Gede Mulawarman;Drs.Syaiful Arifin

Fakultas Ilmu Budaya


Fenomenologi dapat terwujud dalam karya sastra. Tujuan dari penelitian iniuntuk mendeskripsikan bentuk fenomena, arti fenomena dan mendeskripsikan hubungan tokoh dengan fenomena yang terdapat dalam novel serta kaitannya dengan keharmonian lingkungan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data menggunakan teknik pengudaran teks, yaitu suatu usaha membongkar sebuah novel ataupun roman dari paragraf ke paragraf, kalimat ke kalimat, untuk mendapatkan suatu kesimpulan.

Setelah data diperoleh dan dianalisis, terdapat unsur-unsur fenomenologi dalam novel “Gampiran” karya Inni Indarpuri, yaitu bentuk-bentuk fenomena yang terdiri dari fenomena subyek yang memiliki pengalaman melalui pengalaman subyek lain dan fenomena subyek yang memiliki pengalaman melalui pengalaman pribadi. Kemudian arti fenomena terdiri dari makna yang diperoleh subyek saat menyatakan keyakinan, keraguan, dan anggapan. Dan yang terakhir ialah hubungan tokoh dengan fenomena serta kaitannya dengan keharmonian lingkungan hidup yang terdiri dari fenomena tokoh perusak lingkungan hidup, pemegang Perjanjian Hulu dan Hilir dan penjaga lingkungan hidup yang berubah wujud menjadi manusia.

 

Publikasi : Fakultas Ilmu Budaya(2016)(03)

Kontak :

Naskah Lengkap : Lisensi Terbuka (Format PDF)
Diakses : 306 Kali